Selasa, 06 Desember 2016

LUBANG HITAM!!!

selamat pagi sobat, udah pada sarapan yaa,,,, bagi yang belum, ane kasih nih santapan ilmu penambah pengetahuan sobat mengenai jagad raya ini. oke 



        Menggunakan teleskop Hubble, astronom menemukan ada dua lubang hitam raksasa di galaksi Markarian 231, yang berjarak 600 juta tahun cahaya dari bumi. (Space Telescope Science Institute, Baltimore , Maryland).

       Peneliti pecaya bahwa lubang hitam terbentuk saat sebuah bintang besar mati. Teori Relativitas Umum memprediksi bahwa butuh massa yang besar untuk menciptakan sebuah lubang hitam yang berada di ruang-waktu. Teori lain mengemukakan bahwa lubang hitam merupakan objek alam semesta yang mampu menjebak cahaya karena memiliki gaya gravitasi yang sangat besar . Apapun yang melintas si dekatnya dipastikan tidak pernah kembali.

       Menurut teori yang di kemukakan Gonzalo Olmo dari University of Valencia dalam jurnal yang dipublikasikannya, Classical Quantum and Gravity. di pusat lubang hitam terdapat lubang cacing yang bisa menjadi pintu bagi apapun untuk menuju semesta lain. Menurut Olmo, lubang hitam sebenarnya adalah ketidaksempurnaan struktur geometri ruang dan waktu.

       Di seketar lubang hitam ada permukaan yang di sebut Event Horizon , sebuah batas dimana tak bisa melarikan diri. jika suatu materi masuk ke lubang hitam maka ia akan meregang, fenomena ini disebut Spagetifikasi.

       Peristiwa lubang hitam yang melahap bintang terjadi tatkala bintang berkeliaran terlalu dekat di sekitar lubang hitam. kejadian ini dikenal sebagai Tidal dis ruption event atau gangguan pasang surut. Biasanya peristiwa tersebut diikuti oleh pancaran sinar- X dari lubang hitam. Einstein bukan orang yang mengemukakan teori tentang lubang hitam, meskipun ada sedikit banyaknya ia juga memerkirakan keberasaanyaa. Karl Schwarzschild-lah yang pertama kali menggunakan persamaan revolusioner milik Einstein dan menunjukkan bahwa lubang hitam sungguh ada.

       Jauh sebelum pemikiran itu, seorang ahli dari Inggris bernama John Michell juga sudah memperkirakan keberadaan bintang hitam yang sangat besar atau begitu padat yang bisa mempengaruhi daya tarik gravitasi.


Sumber :National Geographic Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar